Kurnia, Euis (2020) PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI DI SMP QUR’AN AS-SALAAM BOGOR. Diploma thesis, Universitas Djuanda.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
Abstract
Euis Kurnia. NIM : F. 1611061, “Pengaruh Adversity Quotient terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri di SMP Qur’an As-Salaam Bogor”. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020 Kemampuan santri dalam menghafal Al-Qur’an tentunya berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Untuk mencapai target hafalannya, setiap santri diharapkan mempunyai adversity quotient. Adversity quotient adalah kemampuan bertahan seseorang dalam menghadapi kesulitan, baik itu yang berasal dari faktor internal maupun eksternal. Faktor internal antara lain dipengaruhi oleh diri sendiri seperti kecerdasan, motivasi, minat dan bakat. Faktor eksternal antara lain latar belakang pendidikan yang berbeda dari sebelumnya dan lingkungan belajar yang baru yang membutuhkan penyesuaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri. Penelitian ini dilakukan di sekolah swasta menengah pertama yang mengkhususkan pada tahfizhul Qur’an di SMP Qur’an As-Salaam Bogor. Subjek penelitian pada penelitian ini berjumlah 135 santri yang terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX yang diambil dengan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan menggunakan skala adversity quotient dan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri dengan menggunakan dokumentasi nilai Hifzhul Qur’an. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai R Square yaitu 0,288 atau 28,8%. Artinya besarnya sumbangan faktor adversity quotient terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri sebesar 28,8% sedangkan sisanya sebesar 71,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Selain itu hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini ditunjukkan dengan hasil thitung > ttabel yakni 7,327 > 1,656 dan hasil signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara adversity quotient (variabel X) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an santri (variabel Y). Kata kunci: Adversity Quotient, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 02:22 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 02:22 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/986 |
Actions (login required)
View Item |