Setiadi, Aldi (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ldi Setiadi NIM. H.1810297 “Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa”, Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam Dan Pendidikan Guru, Universitas Djuanda Bogor 2022. Penelitian ini dilatar belakangi pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) hampir seluruh siswa memperoleh nilai mata pelajaran IPA yang rendah di bawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh penerapan project besed learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V. Penelitian ini di laksanakan di SDN Tegalwaru 03, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Penelitian ini mengunakan desain penelitian Quasi Experimental Design Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SDN Tegalwaru 03. untuk pengambilan sample, peneliti mengunakan teknik sample purposive sample. Pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan pretest dan postest untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pada penerapan model Project Besed Learning (PjBL). Data yang didapatkan di uji deskripsi dan diuji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Dan selajutnya di uji hipotensis mengunakan uji one-way ANOVA test. Hasil penelitian menunjukan bahwa : terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa mengunaan model Project besed learning (PjBL). Hal tersebut dapat terlihat dari nilai rata- rata nilai postest 91,57 yang diajar mengunakana model Project Besed Learning (PjBL) dan rata-rata nilai postest kelas kontrol adalah 86,81 yang diajar mengunakan model konvensional. Hal ini di buktikan hasil uji hipotesis terlihat bahwa nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 dengan hasil 0,005 < 0,05, H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bawah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model project besed learning (PjBL) dengan siswa kelas kontrol yang menggunakan model konvensional
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Project Based Learning, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 01:51 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 02:43 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2674 |
Actions (login required)
View Item |