PENGARUH DISIPLIN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KEBIASAAN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING SD N KEDUNGHALANG 03 KABUPATENBOGOR

Adiya Ramadhan, Difa (2022) PENGARUH DISIPLIN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KEBIASAAN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING SD N KEDUNGHALANG 03 KABUPATENBOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Difa Adiya. NIM: H.1810137 Pengaruh disiplin terhadap kemandirian belajar peserta didik dengan kebiasaan belajar sebagai variabel intervening SD N Kedunghalang 03 Kabupaten Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru, Universitas Djuanda Bogor. 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar dengan kebiasaan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kolerasi kausalitas. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Kedunghalang 03 Kabupaten Bogor, sebanyak 71 responden. Sampel penelitian diperoleh melalui metode sampel jenuh, dengan tiga variabel yang terdiri dari variabel bebas (disiplin belajar), variabel terikat (kemandirian belajar), dan variabel intervening (kebiasaan belajar). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket untuk semua variabel. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan analisis jalur. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas dan uji linieritas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat Pengaruh langsung antara disiplin belajar terhadap kemandirian belajar Dibuktikan dengan nilai t hitung= 2,557 t table = 1,670 nilai sig= 0,013 Determinasi 8,9% Persamaan regresi Y= 0,352X + 45,177 dan Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan antara disiplin belajar terhadap kemandirian belajar melalui kebiasaan belajar Dibuktikan dengan nilai F sebesar 16.396 dan sig 0,00 Persamaan regresi Y= 0,137X + 0,945Z + 9,310 Oleh karena itu, upaya pembentukkan sikap kemandirian belajar peserta didik harus di iringi peningkatan kedua faktor tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:57
Last Modified: 16 Jan 2023 02:46
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2676

Actions (login required)

View Item View Item