HUBUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA KELAS TINGGI DI SDN 12 BADAU KABUPATEN BELITUNG

Aprilimuti, Ega (2022) HUBUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA KELAS TINGGI DI SDN 12 BADAU KABUPATEN BELITUNG. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Ega Aprilimuti NIM: H.1810156 Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Kemandirian Belajar Siswa Pada Kelas Tinggi Di SDN 12 Badau Kabupaten Belitung, Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru, Universitas Djuanda Bogor, 2022. Kemandirian belajar merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki oleh siswa. Pandemi Covid-19 membuat setiap jenjang pendidikan melakukan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut berdampak terhadap kemandirian belajar siswa. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian karena kemandirian belajar berperan penting agar siswa mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran jarak jauh dengan kemandirian belajar siswa pada kelas tinggi di SDN 12 Badau Kabupaten Belitung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4, 5, dan 6 SDN 12 Badau yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas penilaian ahli dan butir instrumen dengan rumus Korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 maka pembelajaran jarak jauh dengan kemandirian belajar siswa berkorelasi dengan interpretasi nilai 0,461. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh dengan kemandirian belajar siswa di SDN 12 Badau Kabupaten Belitung memiliki korelasi dengan derajat hubungan sebesar 21,2% yaitu cukup atau sedang

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Jarak Jauh, Kemandirian Belajar siswa, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:03
Last Modified: 16 Jan 2023 02:48
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2677

Actions (login required)

View Item View Item