Rahayu, Gita (2022) STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN AKHLAK KEPADA SISWA UNTUK MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD ISLAM ALIGARH. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
||
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Gita Rahayu. H.1810589. Strategi Guru dalam Penerapan Pendidikan Akhlak Kepada Siswa Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila di SD Islam Aligarh. Pendidikan akhlak adalah proses mendidik, memelihara, membentuk, memberikan latihan mengenai akhlak dan kecerdasan berfikir baik yang bersifat formal maupun informal yang didasarkan pada ajaran Islam. Pendidikan akhlak bertujuan untuk menumbuhkan pembentukan kebiasaan berakhlak mulia, membiasakan siswa bersikap rela, optimis, percaya diri, emosi dan sabar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis bagaimana strategi dan perencanaan guru dalam penerapan pendidikan akhlak di SD Islam Aligarh. 2) Menganalisis bagaimana penerapan budaya pembentukan Profil Pelajar Pancasila di SD Islam Aligarh. 3) Menganalisis bagaimana integrasi pendidikan akhlak berbasis Profil Pelajar Pancasila di SD Islam Aligarh. 4) Menganalisis bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru dalam penerapan pendidikan akhlak kepada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan dokumentasi , dan angket . Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu 1) Strategi guru dalam penerapan pendidikan akhlak di SD Islam Aligarh yaitu melalui pembiasaan dan keteladanan, melalui kurikulum dengan mengintegrasikan pendidikan akhlak dalam mata pelajaran, dan Melalui pendampingan serta kerjasama dengan orang tua siswa. 2) SD Islam Aligarh sudah menerapkan Profil Pelajar Pancasila kepada siswa. 3) Integrasi pendidikan akhlak berbasis Profil Pelajar Pancasila di SD Islam Aligarh sudah diintegrasikan kedalam kurikulum yang ada di sekolah. 4) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam penerapan pendidikan akhlak kepada siswa yaitu adanya dukungan dari struktural sekolah, guru yang memberikan teladan dan pembiasaan yang baik. faktor penghambat yaitu ; kurangnya pemahaman orang tua tentang pentingnya pendidikan akhlak, lingkungan siswa di rumah dan lingkungan bermain siswa.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Akhlak Siswa, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 02:09 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 02:49 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2679 |
Actions (login required)
View Item |