PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS SISTEM PEMBELAJARAN ALAMIAH OTAK (SIPAO) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA KELAS INKLUSIF SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Alfiah, Siti (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS SISTEM PEMBELAJARAN ALAMIAH OTAK (SIPAO) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA KELAS INKLUSIF SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
3 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Siti Alfiah. NIM H.1810594 Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (SiPAO) Sebagai Upaya Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Kelas Inklusif Selama Masa Pandemi Covid-19. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru, Universitas Djuanda Bogor. 2018. Pembelajaran dalam kelas inklusif harus dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti ditemukan bahwa fakta yang terkait pembelajaran di kelas inklusi adalah 1) guru cenderung mengajar dengan metode konvensional yang artinya pembelajaran hanya seperti kebiasaan dengan urutan mangajarkan materi, memberikan contoh dan latihan soal-soal; 2) banyak guru yang tidak menggunakan media yang berhubungan dengan materi yang disampaikan sehingga pemahaman siswa menjadi lambat dan tidak tercapainya hasil belajar yang telah ditetapkan; 3) proses pembelajaran yang dilakukan masih dan cenderung monoton sehingga motivasi belajar siswa masih rendah dan pasif; 4). Strategi pembelajaran yang digunakan pada kelas inklusif kurang efektif sehingga hasil belajar siswa berkebutuhan khusus selalu berada dibawah rata-rata. Oleh karena itu, perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas inklusif dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis SiPAO di Sekolah Dasar Polisi 4 Bogor Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2C dengan jumlah sebanyak 29 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan Teknik observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa pada pra siklus ketuntasan belajar siswa sebesar 62%, setelah diadakannya perbaikan yang dilakukan pada siklus 1, ketuntasan belajar siswa meningkat sebanyak 6% menjadi 68%. Walaupun meningkat, ketuntasan belajar siswa masih berada dibawah minimal ketuntasan belajar yang telah ditentukan sebalumnya. Pada siklus 2, ketuntasan belajar mengalami kenaikan yang lebih baik dibandingkan pada siklus 1 yaitu sebanyak 28% sehingga ketuntasan belajar akhir menjadi 96% dan telah melebihi batas minimal yang telah ditentukan. Hal ini menunjukan proses pembelajaran dan hasil belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis SiPAO tuntas

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: : Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Alamiah Otak (SiPAO)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:35
Last Modified: 16 Jan 2023 02:55
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2689

Actions (login required)

View Item View Item