ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Robiatul Adawiyah, Siti (2022) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Siti Robiatul Adawiyah. NIM: H.1810956 Analisis Strategi Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Agama Islam Dan Pendidikan Guru, Universitas Djuanda Bogor. 2022 Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil analisis strategi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, prosedur analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa SDN Bojongkiharib. Hasil penelitian ini menujukkan upaya guru dalam merancang pembelajaran tematik menggunakan bahan ajar berupa buku tema dan LKS serta buku penunjang lainnya. implementasi pembelajaran tematik di SDN Bojongkiharib melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan perencanaan dilakukan guru dengan membuat RPP pembelajaran tematik, menentukan model, metode dan media serta mempersiapkan sarana pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Tahap evaluasi dilakukan dengan melakukan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan, melakukan refleksi dan evaluasi guru upaya sekolah memonitoring kemampuan guru dan memfasilitasi dalam meningkatkan profesionalisme mengajar. Strategi guru dilakukan dengan memahami kondisi belajar siswa pembelajaran dilaksanakan dengan student center. Kesimpulan dalam penelitian ini dimana pembelajaran tidak sepenuhnya disampaikan dengan pendekatan tematik, pada kondisi tertentu ketika guru fokus pada satu mata pelajaran tertentu, sudah tidak fokusnya siswa dan penguatan materi serta tambahan pada mata pelajaran tertentu sehingga pembelajaran dilakukan dengan pendekatan terpisah (separated).

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembelajaran Tematik, Upaya Guru, Rancangan Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:42
Last Modified: 16 Jan 2023 03:22
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2692

Actions (login required)

View Item View Item