PENGARUH METODE PAIR CHECK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS III SDN 02 CIBADAK

Syahdila, Alda Yusti (2022) PENGARUH METODE PAIR CHECK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS III SDN 02 CIBADAK. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB V.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh metode pair check terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 02 Cibadak pada kelas III. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat korelasi dengan dua variabel yang terdiri dari variabel bebas yaitu metode pair check dan variabel terikat yaitu keterampilan berpikir kritis siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket untuk semua variabel. Hasil data yang didapatkan dianalisis secara statistik menggunakan Program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pair check terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai f sebesar 2.113 dan signifikansi sebesar 0,156 > 0,05. Besaran pengaruh variabel metode pair check terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 0,245 atau 24,5%. Hal ini dapat diartikan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas III dipengaruhi oleh metode pair check. Sehingga rumusan persamaan regresi pada penelitian ini adalah Y = 15,071 + 0,246 X. Oleh karena itu, semakin baik dan menarik metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru maka semakin meningkat keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Metode Pair Check, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Pair Check, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:56
Last Modified: 03 Jul 2023 02:56
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3335

Actions (login required)

View Item View Item