HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PERILAKU BELAJARSISWA KELAS V DI SDN CIJUJUNG 01 SUKARAJA

ULIMAZ, CANTIKA IVANA (2021) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PERILAKU BELAJARSISWA KELAS V DI SDN CIJUJUNG 01 SUKARAJA. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
halaman Judul.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrk.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB Iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Intensitas penggunaan media sosial merupakan kekuatan atau lamanya waktu yang digunakan dalam menggunakan media sosial melalui jaringan internet yang dimana didalamnya terlibat ketertarikan dan perhatian yang timbul ketika menggunakan media sosial. Perilaku belajar merupakan suatu sikap atau kebiasaan belajar yang dimiliki oleh peserta didik pada saat kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan perilaku belajar siswa kelas V di SDN Cijujung 01. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini yaitu 100 siswa. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pengambilan sampel non-probability sampling dengan teknik purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini dapat diketahui yaitu sebanyak 60 siswa kelas V SDN Cijujung 01. Karna pada teknik tersebut peneliti merumuskan kriteria objek yang ingin dijadikan sumber penelitian secara spesifik agar penentuan sampel dipilih berdasarkan tujuannya. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument dalam pengambilan data. Sedangkan metode analisis data dan uji hipotesis menggunakan analisis korelasi rank spearman. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dengan perilaku belajar siswa kelas V SDN Cijujung 01. Hasil analisis koefisen korelasi yaitu 0,748 dan hasil uji signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai r hitung = 0.876 > 0,254 r tabel. Besarnya interpretasi hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan perilaku belajar yaitu memiliki korelasi dengan derajat hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Intensitas, media sosial, perilaku belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:28
Last Modified: 05 Jul 2023 02:28
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3337

Actions (login required)

View Item View Item