PERAN GURU KELAS DALAM MEMBANGUN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BANTARKEMANG 6 KOTA BOGOR

Epiyani, Epiyani (2022) PERAN GURU KELAS DALAM MEMBANGUN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BANTARKEMANG 6 KOTA BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas dalam membangun karakter percaya diri siswa kelas III SDN Banatarkemang 6. Untuk mengetahui peran guru kelas dalam membangun karakter percaya diri siswa, untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki guru, dan untuk mengetahui kendala ayang dimiliki guru dalam membangun karakter percaya diri siswa di SDN Bantarkemang 6. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. Metode penelitian kualitatif pendekatan berupa deskriptif kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan deskripsi berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati secara langsung dan menggambarkan secara naratif dengan berdasarkan data-data dari hasil penelitian secara objektif dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: menjadi seorang guru memiliki tantangan tersendiri dengan berbagai kendala yang harus dihadapi oleh guru, bahwa menjadi guru bukan soal mengajar kemudian selesai, nyatanya di lapangan guru harus benar-benar memastikan apakah anak didik sudah memahami apa yang sudah diajarkan oleh guru atau belum. Tidak dipungkiri bahwa setiap anak memiliki kemampuan dan tingkat kecerdasan yang beraneka ragam, ada yang cepat memahami, biasa saja, sampai yang lambat untuk mencerna. Begitupun dengan Percaya diri tentu saja tidak langsung muncul begitu saja pada diri seseorang. Ada proses tertentu dalam diri pribadi seseorang untuk menumbuhkan dan membangun rasa percaya diri tersebut, karena rasa percaya diri adalah terbentuk dari karakter dan karakter tidak bisa diwariskan dan karakter juga bukanlah suatu bawaan yang tidak bisa di ubah. Oleh karena pentingnya peran guru dalam membangun karakter percaya diri siswa. Kata kunci: Peran Guru Kelas, karakter percaya diri siswa

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peran Guru Kelas, karakter percaya diri siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:56
Last Modified: 17 Jul 2023 02:56
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3350

Actions (login required)

View Item View Item