PROFIL SENSORI DAN EMOSI PRODUK MINUMAN RASA JERUK FULL SUGAR, LESS SUGAR DAN SUGAR FREE DENGAN METODE RATE ALL THAT APPLY (RATA) DAN EMOTIONAL SENSORY MAPPING (ESM)

Hasbulloh, Sevina Toni (2023) PROFIL SENSORI DAN EMOSI PRODUK MINUMAN RASA JERUK FULL SUGAR, LESS SUGAR DAN SUGAR FREE DENGAN METODE RATE ALL THAT APPLY (RATA) DAN EMOTIONAL SENSORY MAPPING (ESM). Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
Skripsi Sevina Toni Hasbulloh B.2010238_Judul.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Skripsi Sevina Toni Hasbulloh B.2010238_Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Skripsi Sevina Toni Hasbulloh B.2010238_Bab I Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
Skripsi Sevina Toni Hasbulloh B.2010238_Bab II Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
Skripsi Sevina Toni Hasbulloh B.2010238_Bab III Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
Skripsi Sevina Toni Hasbulloh B.2010238_Bab IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
Skripsi Sevina Toni Hasbulloh B.2010238_Bab V Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
Skripsi Sevina Toni Hasbulloh B.2010238_Dapus.pdf

Download (82kB)

Abstract

Pola konsumsi minuman berpemanis yang tinggi meningkatkan kejadian diabetes mellitus. Untuk itu, dengan adanya produk dengan klaim less sugar dan sugar free diharapkan dapat mengurangi angka kejadian penyakit diabetes mellitus. Tantangan dari produk dengan klaim ini adalah tingkat kesukaan konsumen yang menurun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan utuk memformulasikan, mengetahui dan memvalidasi sejauh mana pengaruh produk dengan klaim rendah gula dan bebas gula terhadap karakteristik sensori dan emosional panelis. Produk yang dianalisis adalah minuman rasa jeruk dengan metode Hedonic Rating Test (HTT), Hedonic Ranking Test (HRT), Rate All That Apply (RATA), Emotional Sensory Mapping (ESM) dan Check All That Apply (CATA) pada 54 panelis. Atribut sensori diperoleh dari sumber data perusahaan, sedangkan atribut emosi diperoleh dari EsSense dan EsSense25. Atribut emosi di screening dengan menggunakan Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan produk hasil reformulasi berhasil dan lebih disukai dibandingkan produk full sugar. HTT dan HRT kedua produk berklaim berpengaruh nyata pada tingkat kesukaan panelis. Pada segi emosi, produk less sugar dan sugar free memiliki atribut emosi yang positif, sedangkan produk full sugar memiliki atribut emosi negatif. Emosi negatif ini berkorelasi dengan nilai kesukaan produk full sugar yang lebih rendah dari sugar free dan less sugar. Kata kunci : RATA, ESM, CATA, minuman rasa jeruk, gula

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: RATA, ESM, CATA, minuman rasa jeruk, gula
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) > Teknologi Pangan
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:27
Last Modified: 01 Nov 2023 04:27
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3788

Actions (login required)

View Item View Item