MAKNA KOMUNIKASI NON VERBAL PADA ANAK DISABILITAS RUNGU DALAM FILM PENDEK THE SILENT CHILD (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Natiqoh, Laisa Rif'ah (2023) MAKNA KOMUNIKASI NON VERBAL PADA ANAK DISABILITAS RUNGU DALAM FILM PENDEK THE SILENT CHILD (Analisis Semiotika Roland Barthes). Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
COVER.pdf

Download (443kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Film merupakan salah satu bentuk media massa, memiliki fungsi dalam menyampaikan pesan kepada audiens. Sebagai alat penyampaian pesan, film dapat merubah pola pikir dan cara pandang khalayak terhadap apa yang ditonton dari sebuah tayangan film. Film yang mengangkat tema tentang disabilitas rungu memiliki makna pesan didalamnya, seperti film The Silent Child sebuah film pendek berbahasa isyarat Inggris. Film The Silent Child dibangun dengan banyak tanda. Tanda-tanda itu termasuk berbagai dari sistem tanda yang bekerja sama untuk mencapai efek yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pesan dalam komunikasi non verbal pada anak disabilitas pada signifier, signified, dan signifikan, mengetahui makna pesan dalam film pendek The Silent Child, serta menganalisis makna komunikasi non verbal pada anak disabilitas rungu dalam film pendek The Silent Child. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teori Semiotika Roland Barthes berdasarkan aspek Konotasi yang terdiri dari signifier, signified dan signifikan. Hasil penelitian menunjukan, The Silent Child berhasil membuat orang-orang yang menonton memahami bagaimana kesulitan akan kesunyian yang dirasakan anak disabilitas rungu. Film The Silent Child memperlihatkan perjuangan anak disabilitas rungu untuk dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat. Film ini juga mengingatkan kembali bahwa dukungan dan bantuan masyarakat khususnya keluarga dan orang tua sangat dibutuhkan. anak disabilitas rungu memiliki hambatan dalam berkomunikasi, hal tersebut membuat mereka sulit untuk berkomunikasi bahkan bersosialisasi. Tanpa harus menggunakan kata-kata sebagai pendukung, penyampaian makna pesan nonverbal dalam The Silent Child diperlihatkan melalui tanda atau sign, seperti ekspresi wajah dapat melihat perasaan dan kondisi seseorang, isyarat dan gerakan tangan untuk berkomunikasi dan menyampaikan maksud, seperti pemahaman dan mengungkapkan perasaan lewat bahasa isyarat Kata Kunci: Analisis Semiotika, Disabilitas Rungu, Film, Non verbal, The Silent Child

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis Semiotika, Disabilitas Rungu, Film, Non verbal, The Silent Child
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:33
Last Modified: 03 Nov 2023 07:33
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3809

Actions (login required)

View Item View Item