PROFIL SENSORI MINUMAN DARI SERBUK SERAI (Cymbopogon citratus ) KOMERSIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE RATA (Rate – All – That – Apply)

Rojiah, Putri (2022) PROFIL SENSORI MINUMAN DARI SERBUK SERAI (Cymbopogon citratus ) KOMERSIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE RATA (Rate – All – That – Apply). Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
COVER.pdf

Download (692kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Minuman serbuk serai merupakan produk olahan pangan yang berbentuk serbuk, mudah larut dalam air, praktis dalam penyajian dan merupakan suatu alternatif yang baik untuk menyediakan minuman menyehatkan dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil sensori minuman dari serbuk serai komersil dan untuk mengetahui produk terpilih berdasarkan kesukaan konsumen. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode Rate – All – That – Apply (RATA), meliputi Focus Grup Discussion (FGD) dan analisis data yang digunakan adalah Friedman Test, Principal Component Analysis (PCA), dan Preferences Mapping dioleh dengan perangkat lunak XLSTAT 2019. Ada 4 sampel yaitu A, B, C, dan D dari produsen yang berbeda. Atribut sensori dari FGD adalah warna kuning muda, warna kuning kecokelatan, warna coklat, aroma serai, rasa watery, rasa bitter, rasa sweetness, rasa keset, aftertaste pahit dan aftertaste manis. Hasil pengujian dengan PCA menunjukkan bahwa produk A dan B memiliki atribut sensori dominan yang sama yaitu warna kuning kecokelatan, dan rasa watery, produk C memiliki atribut sensori dominan warna kuning kecokelatan, rasa sweetness dan aftertaste manis sedangkan produk D memiliki atribut sensori dominan warna coklat, rasa bitter, rasa keset dan aftertaste pahit. Produk C merupakan produk terpilih dengan tingkat penerimaan konsumen 80 – 100% dengan atribut sensori dominan warna kuning muda, aroma serai, rasa sweetness dan aftertaste manis. Kata kunci : Minuman Serai Instan, Rate – All – That – Apply (RATA), Serai, Tingkat Penerimaan Konsumen

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Minuman Serai Instan, Rate – All – That – Apply (RATA), Serai, Tingkat Penerimaan Konsumen
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) > Teknologi Pangan
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:28
Last Modified: 06 Nov 2023 07:28
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3854

Actions (login required)

View Item View Item