PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN BOJONG KIHARIB

Syahputri, Ajeng Ayunia (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN BOJONG KIHARIB. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (548kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Akan tetapi, seringkali tingkat motivasi belajar siswa mengalami kondisi naik turun. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan di SDN Bojong Kiharib, ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan motivasi belajar dan kecerdasan emosional siswa, seperti adanya siswa yang jarang sekolah, siswa cenderung tidak dapat mengelola emosinya dengan baik sehingga sering terjadi perkelahian antar siswa di dalam kelas, dan tidak semua siswa aktif dan antusias ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bojong Kiharib, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yaitu sebanyak 45 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi kausalitas dan desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner dengan instrumen berupa skala psikologi untuk mengukur masingmasing variabel. Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji t variabel kecerdasan emosional terhadap variabel motivasi belajar diperoleh nilai thitung > ttabel (6,211 > 2,017). Sedangkan besar pengaruh variabel kecerdasan emosional terhadap variabel motivasi belajar sebesar 47,3%. Berdasarkan hasil tersebut, maka H0 ditolak dan Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Bojong Kiharib Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan pengaruh sebesar 47.3%. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:08
Last Modified: 21 Nov 2023 02:19
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3909

Actions (login required)

View Item View Item