PERAN GURU PEMBIMBING KHUSUS TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA LAMBAT-BELAJAR DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL KHAIRIYAH BOGOR

Suhendi, Alfatma Nisa (2023) PERAN GURU PEMBIMBING KHUSUS TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA LAMBAT-BELAJAR DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL KHAIRIYAH BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (494kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru Pembimbing Khusus (GPK) terhadap kemandirian siswa lambat-belajar di SD IT Al Khairiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Simple Research Design (SRD) dengan pendekatan paradigma post positivism serta jenis penelitian kuasi kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan observasi. Prosedur analisis data menggunakan Thematic Analysis (analisis tematik). Uji keabsahan data menggunakan member checking. Hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) Pembiasaan yang guru pembimbing khusus (GPK) lakukan dalam meningkatkan kemandirian terhadap anak lambat belajar yaitu: (a) pembiasaan; (b) saat berkomunikasi menggunakan pernyataan langsung; (c) saat melakukan komunikasi menggunakan pertanyaan langsung; (d) memberi contoh bagaimana cara berkomunikasi dengan teman secara benar dan sopan. 2) Pendampingan yang dilakukan guru pembimbing khusus dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa lambat belajar dalam proses pembelajaran yaitu : (a) penanganan; (b) mengapresiasi prestasi; (c) mengapresiasi prestasi: (d) menggunakan metode; (e) membuat berartinya didalam kelas (f) melatih siswa membaca sendiri; (g) memberikan soal untuk Latihan; (h) memberikan alternatif untuk tugas pekerjaan rumah tradisional; (i) berinteraksi dengan orang tua; (j) mendampingi siswa melakukan diskusi kelompok. 3) Pendampingan yang dilakukan guru pembimbing khusus dalam meningkatkan kemandirian terhadap aspek sosial di sekolah yaitu : (a) keterampilan bercakap-cakap/komunikasi; (b) menumbuhkan sense of humor; (c) mendampingi siswa untuk menjalin persahabatan; (d) memiliki tata krama; (e) mendampingi siswa untuk berperan dalam kelompok. Kata kunci : Siswa Berkebutuhan Khusus, Lambat Belajar, Kemandirian.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Siswa Berkebutuhan Khusus, Lambat Belajar, Kemandirian.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:19
Last Modified: 21 Nov 2023 02:19
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3910

Actions (login required)

View Item View Item