PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JARIMATIKA BERBASIS MEDIA POSTER FINGER COUNTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN GADOG 02

Sumirat, Alvina Dwiyanti (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JARIMATIKA BERBASIS MEDIA POSTER FINGER COUNTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN GADOG 02. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (246kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Pembelajaran jarimatika berbasis media poster finger counting berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas III Sekolah Dasar. Pada penelitian ini menggunakan model kuantitatif ekperimen dengan desain posttest only control design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Gadog 02 Kec. Tamansari Kab, Bogor Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh dimana seluruh anggota populasi dalam penelitian ini di jadikan sampel dengan jumlah 84 kelas IIIA untuk kelas Eksperimen dan Kelas III B untuk kelas kontrol, masingmasing kelas berjumlah 42 siswa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata 84,43 di kelas Eksperimen dan 72,86. Dari hasil dari data posttest kelas eksperimen dan kontrol memiliki skor 0,001 dan 0,000 hal ini menunjukan bahwa data tersebut berdistribusi tidak normal, dikarenakan nilai signifikansi kelas ekperimen dan kelas kontrol < (Kurang dari) 0,05. Uji homogenitas data diketahui bahwa hasil dari posttest kelompok eksperimen dan kontrol signifikansinya 0,347. Yang artinya nilai signifikansi tersebut berdistribusi homogen karna 0,347 lebih besar dari ɑ= 0,05. Oleh karena itu peneliti menggunakan analisis data posttest dengan Mann Whitney menghasilkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000, yang berarti H0 di tolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode Jarimatika Berbasis Media poster finger counting memberikan Pengaruh terhasil hasil belajar matematika pada peserta didik kelas III SDN Gadog 02. Kata Kunci : Pembelajaran Jarimatika, Media poster finger counting, Hasil belajar kelas III

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Jarimatika, Media poster finger counting, Hasil belajar kelas III
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:30
Last Modified: 21 Nov 2023 02:30
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3911

Actions (login required)

View Item View Item