PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN PUSPANEGARA 03

Maharani, Amelia (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN PUSPANEGARA 03. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (794kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Matematika siswa pada materi pecahan kelas IV SDN Puspanegara 03. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi kausalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan angket, tes, dan dokumen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV SDN Puspanegara 03, yaitu sebanyak 50 peserta didik, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional dan tes hasil belajar matematika. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 69,52, berdasarkan nilai rata-rata dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional pada siswa kelas IV SDN Puspanegara 03 memiliki tingkat kecerdasan emosional yang sedang. Dan nilai rata-rata hasil belajar matematika yaitu sebesar 77,20, berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Puspanegara 03 memiliki tingkat hasil belajar matematika yang sedang. Dari hasil perhitungan regresi linear sederhana diperoleh persamaan diperoleh Ŷ = 19,143 + 0,835X. Nilai R Square diperoleh sebesar 0,803 yang menunjukkan adanya 80,3% variabel kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Hasil uji signifikan diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 13,380 > 2,010 untuk taraf kesalahan 5% dan hasil signifikasi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang signifikasi terhadap hasil belajar matematika. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:28
Last Modified: 23 Nov 2023 01:28
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3914

Actions (login required)

View Item View Item