ANALISIS GAYA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III DI SDN LANGENSARI

Maulida, Annisa (2023) ANALISIS GAYA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III DI SDN LANGENSARI. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
cover.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Abstrack.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
Daftar pustaaka.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Langensari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, khususnya di kelas III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 orang dari siswa kelas III dan 1 orang guru wali kelas. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dan simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kombinasi gaya belajar yaitu visual, auditori, dan kinestetik, yang terdiri dari dua siswa dengan kecenderungan gaya belajar visual yaitu subjek MA dan SZ dengan urutan visual - auditori - kinestetik. Karakterstik yang dimiliki oleh siswa yang memiliki gaya belajar visual yaitu a) belajar melalui penglihatan, b) rapi dan juga teratur, c) lebih suka membaca daripada dibacakan orang lain, d) berbicara dengan tempo yang cukup cepat, e) pembaca yang cepat dan tekun, f) senang menjawab secara singkat. Terdapat dua siswa dengan kecenderungan gaya belajar auditori yaitu subjek AMA dan SA dengan urutan auditori - visual - kinestetik. Karakterstik yang dimiliki oleh siswa yang memiliki gaya belajar auditori yaitu a) belajar melalui audio (mendengar), b) lebih suka berbicara langsung daripada kirim surat, c) menggerakan bibir ketika membaca, d) mudah terganggu dengan keributan, e) gerakan mata kesamping (kanan dan kiri) saat berfikir. f) senang mendengarkan musik atau bersenandung. Terdapat satu siswa dengan kecenderungan gaya belajar kinestetik yaitu subjek A dengan urutan kinestetik - auditori - visual. Karakterstik yang dimiliki oleh siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik yaitu a) menggunakan isyarat tubuh saat berbicara, b) menunjukan jari pada bacaan saat membaca, c) menghafal dengan cara berjalan dan melihat, d) mendekati lawan bicara saat berbicara. Kata Kunci: Gaya Belajar, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:41
Last Modified: 23 Nov 2023 01:41
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3916

Actions (login required)

View Item View Item