PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN BOJONG KIHARIB

Sunarsih, Asih (2023) PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN BOJONG KIHARIB. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL-11.pdf

Download (537kB)
[img] Text
ABSTRAK-10.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I-12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB II-11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB)
[img] Text
BAB III-11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
BAB IV-10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
BAB V-10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-19.pdf

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar IPS dan untuk mengetahui seberapa tinggi pengaruhnya. Permasalahan dalam pembelajaran IPS kurangnya tingkat pemahaman dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran IPS, siswa merasa bosan dan kurang memperhatikan guru selama proses pembelajaran. Pada kecerdasan interpersonal terdapat beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam mengikuti diskusi kelompok, terdapat siswa menunjukan perilaku kurang baik terhadap sesama teman. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bojong Kiharib. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dan kausalitas, desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis Sampling Jenuh berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji prasyarat analisis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh persamaan regresi Y=53,426 + 0,329X, dengan hasil t hitung > t tabel yaitu sebesar 7,714 > 2,024 bahwa variabel kecerdasan interpersonal (X) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS (Y). Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh besarnya nilai R yaitu 0,781 dan diperoleh koefisien determinasi (R Square) 0,610, maka dapat disimpulkan pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar IPS sebesar 60,9%. Hasil uji signifikansi, berdasarkan perhitungan pada Uji-t 7,714 > 2,024 dengan kesimpulan Ha diterima artinya terdapat pengaruh positif variabel kecerdasan interpersonal terhadap variabel prestasi belajar IPS. Kata kunci: Kecerdasan Interpersonal, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Interpersonal, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:45
Last Modified: 23 Nov 2023 01:45
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3917

Actions (login required)

View Item View Item