POLA TINDAKAN PESERTA DIDIK YANG MENGALAMI CYBERBULLYING PADA KELAS TINGGI DI SDN HARJASARI 01

Maharani, Aura Suci (2023) POLA TINDAKAN PESERTA DIDIK YANG MENGALAMI CYBERBULLYING PADA KELAS TINGGI DI SDN HARJASARI 01. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (579kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu cyberbullying. Cyberbullying adalah perbuatan mengancam melalui media atau perangkat elektronik, bullying melalui media sosial adalah tindakan pelaku yang disengaja dengan maksud atau niat untuk menimbulkan kerugian, tindakan yang selalu dilakukan secara konsisten atau berulang kali, cyberbullying selalu melibatkan unsur hubungan interpersonal yang ditandai dengan ketidakseimbangan kekuatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis cyberbullying yang dialami peserta didik, tindakan peserta didik yang mengalami cyberbullying, dampak terhadap korban cyberbullying, dan faktor pendukung dan penghambat dalam menangani korban cyberbullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Subjek penelitian adalah 2 orang siswa yang dipilih melalui purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: jenis cyberbullying yang dialami oleh Y1 yaitu flaming dan harrasement. Sedangkan Y2 berupa flaming dan exclusion. Faktor yang memengaruhi perilaku cyberbullying Y 1 yaitu itensitas penggunaa sosial media, kurangnya perhatian keluarga dan kurangnya proses sosialisasi. Sedangkan faktor perilaku cyberbullying Y 2 yaitu pendiam, tidak berani berbicara dengan menatap muka. Kata Kunci: cyberbullying, perilaku, tindakan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: cyberbullying, perilaku, tindakan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:55
Last Modified: 23 Nov 2023 01:55
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3919

Actions (login required)

View Item View Item