PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN PONDOKASO TONGGOH

Gultom, Desi Nova Natalia (2023) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN PONDOKASO TONGGOH. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
cover.pdf

Download (520kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui berapa besar pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Permasalahan dalam pembelajaran IPA yaitu kurangnya minat siswa pada saat pembelajaran sehingga proses pembelajaran kurang efektif dan hubungan komunikasi antara guru dengan siswa kurang terjalin dengan baik, dimana guru kurang memberikan dukungan atau motivasi dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Pondokaso Tonggoh. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan ditentukan menggunakan Probability Sampling melalui teknik simple random sampling sebanyak 110 siswa menggunakan rumus slovin dengan tingkat signifikansi 5%. Populasi yang digunakan adalah berjumlah 153 siswa dari kelas IV dan kelas V. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan pengujian prasyarat analisis bantuan SPSS versi 26.0 for Windows. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis persamaan regresi Y = 12,919 + 0,672X, dengan hasil t hitung > t tabel yaitu 8,617 > 1,982 bahwa variabel komunikasi interpersonal guru (X) berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Y). Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh bahwa nilai R yaitu 0, 638 dan besarnya koefisien determinasi (R Square) 0,407, maka disimpulkan pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA sebesar 40,7%. Hasil uji signifikansi berdasarkan perhitungan uji t 8,617 > 1,982 dengan kesimpulan Ha diterima artinya variabel komunikasi interpersonal guru berpengaruh positif terhadap minat siswa terhadap mata pelajaran IPA. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal Guru, Minat Belajar Siswa, IPA

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal Guru, Minat Belajar Siswa, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:24
Last Modified: 23 Nov 2023 02:24
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3926

Actions (login required)

View Item View Item