ANALISIS KEDISPLINAN PESERTA DIDIK PASCA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BOGOR

Farhanida, Farhanida (2023) ANALISIS KEDISPLINAN PESERTA DIDIK PASCA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai kedisplinan peserta didik dalam melaksanakan kedisplinan di sekolah pasca pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Bogor, dan menjawab rumusan masalah tentang proses kedisiplinan dalam mentaati tata tertib kedisplinan di sekolah SD Muhammadiyah Bogor, dalam penelitian ini teori yang di gunakan adalah teori mengenai disiplin dan pembelajaran. Penelitian ini di laksanakan di SD Muhammadiyah Bogor. Masalah dalam penelitian ini dijawab dengan menggunakan metode kualitatif sehingga peneliti melibatkan beberapa informan di dalamnya. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan pendekatan Stuy kasus. Study kasus Merupakan suatu proses pengumpulan data dan informasi secara mendalam, mendetail, intensif, holistik, dan sistematik tentang seseorang. Dalam pendekatan studi kasus, biasanya seorang peneliti akan meneliti satu individu atau unit sosial tertentu secara lebih mendalam. Dengan begitu, peneliti berusaha untuk menemukan semua variabel penting yang terikat dengan diri subjek yang diteliti. Selain itu, peneliti juga meneliti bagaimana perkembangan diri subjek, penyebab terjadinya hal tersebut, perilaku keseharian subjek, dan alasan perilaku itu dilakukan, serta bagaimana perilaku berubah dan penyebab terjadi perubahan perilaku tersebut. Data primer dan sekunder pengambilan pengambilan informan menggunakan teknik Observasi, wawancara untuk menemukan data yang valid dari informan data yang di peroleh berupa transkip dokumentasi observasi, wawancara kemudian di uji validitas data menggunakan tringulasi metode dan teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Kedisiplinan peseerta didik dalam pembelajaran pasca pembelajaran daring : 1.Disiplin dalam hal kehadiran dan pakaian seragam, atribut sekolah 2.Disiplin dalam tatakrama komunikasi kepada guru, komie sekolah dan teman sebaya. 3.disiplin dalam mengerjakan Tugas di sekolah maupuun dirumah. Hambatan kedisplian peserta didik dalam pembelajaran di kelas pasca pembelajaran daring : 1.Kebiasaan anak malas mengerjakan sesuatu serta kebiasaan bangun kesiangan. 2. Pengaruh teman sebaya 3. Kesibukan orang tua.4.Pengaruh lingkungan. Peran guru dalam mengatasi permasalahan kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran pasca pembelajaran daring : 1.Memberi keteladanan pada siswa, memberi contoh terlebih dahulu oleh guru. 2. Melaksanakan peraturan sekolah. 3. Memberi nasihat dan peringatan kepada siswa yang melanggar.4. Memberi hukuman atau sanksi kepada siswa yang melanggar. 5. Memberi toleransi bagi siswa yang ingin berubah lebih baik, agar hal ini menjadi acuan bagi peserta didik Kata kunci : Kedisiplinan, terlambat, atribut seragam, pembiasaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, terlambat, atribut seragam, pembiasaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:34
Last Modified: 23 Nov 2023 03:34
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3934

Actions (login required)

View Item View Item