Madia, Fersa Maulida AL (2023) PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM MENGELOLA KELAS RENDAH DI SDN PONDOKKASO TONGGOH. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (851kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (399kB) |
Abstract
Peran guru sebagai fasilitator dalam mengelola kelas berkedudukan sangat penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana peran guru sebagai fasilitator dalam mengelolaan kelas 1-A dan 1-B tahun ajaran periode 2022-2023 di SDN Pondokkaso Tonggoh. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil temuan penelitian yang di dapatkan dalam penelitian ini di SDN Pondokkaso Tonggoh peran guru sebagai fasilitator dalam mengelola kelas 1-A dan 1-B yaitu, guru dalam mengelola kelas 1-A dan 1-B di SDN Pondokkaso Tonggoh menciptakan iklim kelas yang baik seperti menciptakan suasana hangat dan menghadirkan atusias belajar siswa, guru pun menghadirkan tantanga, variasi dalam proses pembelajaran, keluwesan, penekanan hal postif, dan penanaman disiplin diri. Selanjutnya dalam pengaturan ruangan, guru memiliki pengaturan tempat duduk, pengaturan media pendidikan, dan pemberian aroma terapi, dalam mengelola interaksi kegiatan proses pembelajaran, guru memiliki keterampilan membuka dan menutup proses pembelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan memberikan penguatan, dan keterampilan membimbing diskusi. Kesimpulannya yaitu guru sebagai fasilitator dalam mengelola kelas 1-A dan 1-B guru menciptakan iklim kelas dengan baik, yaitu menciptakan suasana hangat dan menghadirkan atusias selama proses pembelajaran, memberikan tantangan, variasi dalam pembelajaran, keluwesan, penekanan hal yang positif, dan menanamkan displin diri kepada siswa. Guru pun memiliki pengaturan ruangan agar siswa merasa nyaman selama proses pembelajaran, seperti pengaturan tempat duduk, pengaturan media pendidikan, dan pemberian aroma terapi. Guru mengelola interaksi kegiatan proses pembelajaran, guru memiliki keterampilan pada saat proses pembelajaran, seperti keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelasakan, keterampilan bertanya, keterampilan memberikan penguatan, dan keterampilan membimbing diskusi. Kata Kunci: Guru Sebagai Fasilitator, Pengelolaan Kelas, Menciptakan Iklim Kelas, Pengeturan Ruangan, Mengelola Interaksi Kegiatan Proses Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Sebagai Fasilitator, Pengelolaan Kelas, Menciptakan Iklim Kelas, Pengeturan Ruangan, Mengelola Interaksi Kegiatan Proses Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 03:41 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 03:41 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3935 |
Actions (login required)
View Item |