PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI IKLAN MEDIA CETAK DI KELAS V SDN CIRIUNG 01 BOGOR

Uspitasari, Indah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI IKLAN MEDIA CETAK DI KELAS V SDN CIRIUNG 01 BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (265kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan permasalahan dalam pembelajaran keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran Bahasa Indonesia masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab, sehingga pada saat pembelajaran kurang maksimal dan kurangnya model pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi iklan dalam media cetak siswa di kelas V SDN Ciriung 01 Bogor. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian pre eksperimen non-equivalent control group design, teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes berupa pretest dan posttest. Penelitian ini dilakukan pretest, setelah dilakukan posttest dan analisis data pada hasil uji normalitas menggunakan program SPSS dengan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov menyatakan data tidak berdistribusi normal. Maka dilanjutkan dengan menggunakan uji Wilcoxon yaitu 0,000 (0,000 < 0,05), maka maka hipotesis diterima yang artinya terdapat perbedaan rata-rata dua sampel yang saling berpasangan. Dilanjut dengan uji mann-whitney untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata dari dua sampel independen, yaitu nilai Asymp.Sig.(2- tailed) sebesar 0,007 < 0,05 dan hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terdapat pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis, dan dapat disimpulkan bahwa pengaruh pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap keterampilan berpikir kritis materi iklan dalam media cetak siswa kelas V di SDN Ciriung 01 Bogor. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Numbered Head Together, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Numbered Head Together, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:50
Last Modified: 23 Nov 2023 03:50
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3937

Actions (login required)

View Item View Item