HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDN KILENJONG

Mulyani, Leli (2023) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDN KILENJONG. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (625kB)

Abstract

Menunda-nunda mengerjakan tugas, merupakan salah satu sikap kurang disiplin siswa. Orang tua merupakan sekolah pertama yang mampu menumbuhkan karakter anak, salah satunya disiplin. Dengan pola asuh orang tua yang tepat akan menumbuhkan karakter disiplin. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara pola asuh orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas tinggi SDN Kilenjong sedangkan secara khusus untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan pola asuh orang tua aspek otoriter, permisif dan demokratis dengan kedisiplinan belajar siswa kelas tinggi SDN Kilenjong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 siswa yang diambil dari populasi yaitu siswa kelas IV, V dan IV SDN Kilenjong yang dikelompokan menjadi 74 permisif dan 7 demokratis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil menggunakan uji-t diperoleh bahwa pola asuh orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05 yang menghasilkan tingkat pola asuh rendah dan kedisiplinan belajar tinggi, pola asuh permisif dengan kedisiplinan belajar siswa menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05 yang menghasilkan tingkat pola asuh rendah dan kedisiplinan belajar tinggi, berdasarkan hasil perhitungan distribusi frekwensi tidak adanya orang tua yang memiliki pola asuh otoriter, sedangkan pola asuh demokratis dengan kedisiplinan belajar siswa menunjukkan nilai sig 0,140 > 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka untuk pola asuh orang tua dengan kedisiplinan belajar dan pola asuh permisif dengan kedisiplinan belajar menunjukan nilai sig 0,000 < 0,05 = H0 ditolak Ha diterima, yang artinya terdapat hubungan sedangkan, pola asuh demokratis dengan kedisiplinan belajar siswa menunjukan nilai sig 0,140 > 0,05 = H0 diterima Ha ditolak, yang artinya tidak terdapat hubungan antara pola asuh orang demokratis dan juga otoriter dengan kedisiplinan belajar siswa kelas tinggi SDN Kilenjong. Dari hasil penelitian ini menunjukkan dan menemukan bahwa adanya hubungan positif antara pola asuh orang tua gabungan, permisif dengan kedisiplinan belajar siswa kelas tinggi SDN Kilenjong. Kata kunci: Kedisiplinan Belajar Siswa, Pola Asuh Orang Tua

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar Siswa, Pola Asuh Orang Tua
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:30
Last Modified: 23 Nov 2023 04:30
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3942

Actions (login required)

View Item View Item