Peranan Mata Pelajaran PPKn Dalam Pembentukan Budaya Gotong Royong Siswa di Sekolah Dasar Negeri Selaawi Kabupaten Sukabumi

Ramadhanti, Mitha (2023) Peranan Mata Pelajaran PPKn Dalam Pembentukan Budaya Gotong Royong Siswa di Sekolah Dasar Negeri Selaawi Kabupaten Sukabumi. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
COVER.pdf

Download (424kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (495kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (549kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu aktifitas yang dilakukan guru dan peserta didik. Dalam aktivitas yang dilakukan oleh seorang guru merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk membelajarakan peserta didik dalam belajar. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) adalah mata pelajaran yang dirancang untuk membekali peserta didik dengan keimanan dan akhlak mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Pembelajaran PPKn bertujuan untuk mengembangkan daya nalar bagi peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk bisa mengetahui Peranan Mata Pelajaran PPKn Daalam Pembentukan Karakter Gotong Royong Siswa.,Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik angket,wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontribusi guna memperkaya kajian tentang peranan mata pelajaran serta metodologi pembelajaran yang efektif dalam membangun pendidikan karakter gotong royong. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian tentang “Peranan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Pembentukan Karakter Gotong Royong di SD Negeri Selaawi”. Maka kesimpulan yang dapat dikemukakan adalah penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban atas permasalahan yang telah dirumuskan, yaitu untuk mengetahui peranan mata pelajaran PPKn dalam membangun pendidikan karakter yang berhubungan langsung dengan budaya gotong royong siswa dalam kehidupan sehari-hari baik didalam kelas maupun diluar kelas. Kata Kunci : Pembelajaran PPKn dan Gotong Royong

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PPKn dan Gotong Royong
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:46
Last Modified: 23 Nov 2023 06:46
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3946

Actions (login required)

View Item View Item