PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING VERBAL SISWA DI KELAS VI SDN PONDOKKASO TONGGOH

Sutariah, Neng Ela (2023) PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING VERBAL SISWA DI KELAS VI SDN PONDOKKASO TONGGOH. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
A_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (459kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Neng Ela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
BAB II skripsi Neng Ela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III skripsi Neng Ela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Neng Ela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB V Skripsi Neng Ela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

Kesibukan orang tua yang banyak menyita waktu berdampak pada komunikasi orang tua dan anak yang kurang efektif. Kurangnya perhatian orang tua sehingga menjadi salah satu faktor anak berperilaku negatif. Bentuk perilaku negatif yang ditemui adalah bullying verbal, yaitu perilaku verbal anak kepada temannya berupa mengejek, memfitnah, menebar gosip, mengancam, memaki, menghina seperti memanggil dengan nama orang tua, berkata kasar yang mengakibatkan terganggunya rasa aman dan nyaman bahkan tertekan kepada kawannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi efektif orang tua terhadap pencegahan perilaku bullying verbal siswa kelas VI di SDN Pondokkaso Tonggoh, Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi. Teknik penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu kuantitatif korelasi kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket kuesioner dengan jumlah responden 36 siswa dan 36 orang tua siswa kelas VI. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif signifikan antara komunikasi efektif orang tua dan pencegahan perilaku bullying verbal siswa. ttabel 2,032 dan thitung - 3,811dengan hasil signifikasi 0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima, besarnya pengaruh yaitu sebesar 29,9%. Sedangkan 70,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh negatif signifikan yang artinya semakin tinggi pengaruh komunikasi efektif orang tua maka semakin rendah perilaku bullying verbal siswa dan semakin rendah komunikasi efektif orang tua maka semakin tinggi bullying verbal siswa. Kata Kunci: Komunikasi Efektif Orang Tua, Bullying verbal, Siswa SD

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Efektif Orang Tua, Bullying verbal, Siswa SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:06
Last Modified: 23 Nov 2023 07:06
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3949

Actions (login required)

View Item View Item