ANALISIS INSTRUKSI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SDN CIBEUREUM 03: STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF

Nurapandi, Novia (2023) ANALISIS INSTRUKSI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SDN CIBEUREUM 03: STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (390kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Abad 21 ini, anak-anak usia sekolah dasar disebut sebagai generasi Alfa atau generasi milenial. Guru sebagai instruktur pembelajaran perlu melakukan penyesuaian dalam memberikan instruksi. Instruksi yang sesuai dan tepat untuk anak usia sekolah dasar akan memberikan respon dan pemahaman yang baik bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis jenis-jenis, klasifikasi serta makna instruksi guru dalam pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Desain penelitian yang digunakan yaitu fenomenologi deskriptif kualitatif. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan triangulasi teknik. Peneliti melakukan observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan mendokumentasikan kegiatan yang sesuai dengan data penelitian, sehingga dari tiga teknik tersebut dapat dianalisis melalui empat tahapan sesuai dengan model Miles dan Huberman. Instruksi yang disampaikan dianalisis berdasarkan pada parameter pragmatik yakni tentang tingkat kesantunan. Instruksi guru dalam pembelajaran terbagi ke dalam dua jenis yakni instruksi yang disampaikan secara langsung dan tidak langsung, dimana dari jenis instruksi tersebut memiliki klasifikasi instruksi yang terdiri dari enam macam diantaranya, berupa kalimat perintah, pertanyaan, informasi, sindiran, ajakan, dan permintaan. Instruksi yang tepat digunakan kepada peserta didik tingkat sekolah dasar yaitu berjenis instruksi tidak langsung. Kata Kunci: Instruksi guru, instruksi langsung dan tidak langsung

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Instruksi guru, instruksi langsung dan tidak langsung
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:15
Last Modified: 23 Nov 2023 07:15
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item View Item