PENGARUH PENERAPAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MENGGUNAKAN DESIGN THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN HARJASARI 01

Dewi, Sinta (2023) PENGARUH PENERAPAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MENGGUNAKAN DESIGN THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN HARJASARI 01. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

Di era globalisasi abad ke-21, setiap warga negara harus memiliki kemampuan untuk tetap mengikuti perkembangan dan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk hidup di abad ke-21. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menerapkan pengetahuan yang ada, melatih berbagai keterampilan berpikir, sikap dan keterampilan tertentu. Dengan pendekatan pembelajaran design thinking proses pembelajaran adalah cara berpikir dan pendekatan untuk pembelajaran, kolaborasi dan pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Project-Based Learning dengan menggunakan design thinking terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Model penelitian adalah kuasi eksperimen (quasi experimental research) dengan desain post-test only control design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Harjasari 01 Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Harjasari 01 yang berjumlah 120 siswa. Sampel penelitian adalah kelas V A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa dan kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Data yang diambil merupakan hasil tes yang diberikan dalam penelitian ini terdiri dari 10 pertanyaan uraian. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data dinyatakan normal dan homogen. Berdasarkan uji penentuan hipotesis dapat dikatakan Ha diterima jika nilai Sig. (2- tailed) < 0,05. Dalam penelitian ini Hasil uji-t diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak yang bermakna bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dengan menggunakan design thinking terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Harjasari 01. Kata Kunci: Project - Based Learning (PjBL), Design Thinking, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Project - Based Learning (PjBL), Design Thinking, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:00
Last Modified: 24 Nov 2023 03:00
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3963

Actions (login required)

View Item View Item