PENGARUH METODE PREVIEW QUESTION READ SUMMARIZE TEST (PQRST) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN TARIKOLOT 03

Zahra, Syabila Aulia (2023) PENGARUH METODE PREVIEW QUESTION READ SUMMARIZE TEST (PQRST) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN TARIKOLOT 03. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (552kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

Rendahnya minat membaca pada masyarakat, berhubungan erat dengan tingkat Pendidikan dan fasilitas penunjang membaca di negara tersebut. Salah satu kekurangan yang terjadi di Indonesia adalah tidak meratanya keberadaan perpustakaan di sekolah, peneliti menemukan beberapa anak yang belum lancar membaca dan kurang baik dalam memahami isi teks bacaan. Peneliti juga menemukan minat membaca siswa kelas IV di SDN Tarikolot 03 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode PQRST terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi Eksperimen dengan Post-test Only design. Penentuan kelas dilakukan dengan teknik Random Sampling, yang dilakukan pada kelas kelas Eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 60 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman berupa tes berbentuk esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman kelas Eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Analisis data Post-test menggunakan uji Mann Whitney diperoleh hasil signifikansi sebesar 0.030. karena nilai Sig. (2-tailed) < taraf signifikansi (α) sebesar 0,05, maka hipotesis nol (????0) ditolak dan hipotesis alternatif (????????) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode PQRST terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. Kata kunci : Keterampilan, Membaca pemahaman, Preview Question Read Summarize Test, Kuasi eksperimen.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Membaca pemahaman, Preview Question Read Summarize Test, Kuasi eksperimen.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 04:05
Last Modified: 24 Nov 2023 04:05
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3972

Actions (login required)

View Item View Item