HUBUNGAN GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI CEMPLANG 03

Bilqisa, Tasya (2023) HUBUNGAN GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI CEMPLANG 03. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL (4).pdf

Download (704kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (310kB)

Abstract

Keberhasilan dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya gaya belajar yang dianggap memiliki peranan penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi di SDN Cemplang 03 diketahui bahwa kebayakan siswa belum mengetahui gaya belajar apa yang dominan pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri Cemplang 03. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V SD Negeri Cemplang 03, yaitu sebanyak 45 peserta didik, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket gaya belajar dan PTS hasil belajar matematika. Adapun uji hipotesis penelitian terdapat hubungan gaya belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri Cemplang 03. Dan hasil uji hipotesis statistic H0 : ????????????1 = 0 Tidak terdapat hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Ha : ????????????1 ≠ 0 Terdapat hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 61,71 berdasarkan nilai rata-rata dapat disimpulkan bahwa gaya belajar pada siswa kelas V SD Negeri Cemplang 03 memiliki tingkat gaya belajar sedang, dan nilai ratarata hasil belajar matematika 72,76 berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Cemplang 03 memiliki tingkat hasil belajar matematika yang sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri Cemplang 03. Kata Kunci : Gaya Belajar,Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar,Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 04:18
Last Modified: 24 Nov 2023 04:18
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3974

Actions (login required)

View Item View Item