PENGARUH PENERAPAN METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN PONDOKKASO TONGGOH SUKABUMI

Marwa, Widia (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN PONDOKKASO TONGGOH SUKABUMI. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
Cover skrip widia.pdf

Download (500kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I Skrip widia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
BAB II Skrip widia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB III Skrip widia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV skrip widia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
BAB V skrip widia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Pustaka widia.pdf

Download (139kB)

Abstract

Hasil belajar diartikan sebagai nilai belajar yang dicapai oleh siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa perubahan dan pembentukan tingkah laku pada seseorang melalui proses pembelajaran. Begitu banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar, salah satunya yaitu metode. Jika dilihat dari hasil belajar tentu akan berhubungan erat dengan metode yang digunakan ketika pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Pondokkaso Tonggoh, ditemukan beberapa permasalahan terkait hasil belajar siswa diantranya hasil belajar pada mata pelajaran matematika rendah. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pondokkaso Tonggoh, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 68 siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian quasi eksperimen, posttest only desain. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan posttest kepada siswa kelas IV untuk mengetahui hasil belajar setelah diberi treatmen metode jarimatika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang mendapatkan perlakuan atau treatmen menggunakan metode jarimatika mendapatkan nilai rata – rata 78,26 dan siswa yang mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimun (70) sejumlah 25 orang dengan persentase 80,65%. Sedangkan nilai rata-rata hasil posttest kelas kontrol yaitu 63,19 artinya siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM hanya berjumlah 18 orang dengan persentase 48,65%. Selain itu, dilihat dari nilai signifikansi 0,000 > 0,05 yang artinya nilai sig. 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menjadikan bukti bahwa penerapan metode jarimatika mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN Pondokkaso Tonggoh. Kata Kunci: Metode Jarimatika, Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Jarimatika, Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:30
Last Modified: 24 Nov 2023 06:30
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3979

Actions (login required)

View Item View Item