PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA PASCA-PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT)

Oktaviani, Yasmin (2023) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA PASCA-PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT). Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (427kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

Karakter disiplin merupakan sikap yang harus dibentuk pada siswa dalam pendidikan di sekolah untuk mengubah perilaku yang buruk menjadi perilaku yang baik sehingga dapat membentuk tingkah laku siswa sesuai dengan nilai-nilai yang telah ditentukan dan diajarkan saat di sekolah. Kedisiplinan siswa tersebut dilihat dari adanya permasalahan pembelajaran siswa seperti tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, tidak mengerjakan PR, dan tidak mematuhi peraturan yang dibuat guru selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa PascaPembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Metode penelitian ini adalah metode Simple Research Design (SRD) dengan pendekatan penelitian paradigma post positivisme dan jenis penelitian kuasi kualitatif. Teknik dan prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan prosedur analisis data menggunakan thematic analysis (analisis tematik) serta pemeriksaan keabsahan data menggunakan member checking. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah bahwa peran guru dalam membentuk karakter disiplin pada siswa kelas tinggi selama proses pembelajaran berlangsung pasca PTMT di SDN Harjasari 1 terbagi menjadi tiga yakni; peran guru dalam melakukan langkahlangkah, yaitu memahami karakter siswa, memberikan pembelajaran karakter disiplin, menerapkan tata tertib, melakukan pembiasaan, dan melakukan kerjasama dengan orang tua; peran guru dalam memberikan penguatan, yaitu pembinaan, kebiasaan, keteladanan, nasehat, hukuman, peraturan, dan penghargaan; dan faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter disiplin, yaitu siswa, keluarga, teman, masyarakat, dan guru. Kebaruan dalam penelitian ini terletak dalam metode penelitian yang digunakan dan fenomena yang digali lebih mendalam serta masih jarang diteliti. Rekomendasi dalam penelitian ini yaitu agar guru melaksanakan perannya sebagai guru profesional sehingga nilai-nilai perkembangan karakter disiplin dapat berjalan secara optimal. Kata Kunci: langkah-langkah, penguatan, faktor pendukung dan penghambat

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: langkah-langkah, penguatan, faktor pendukung dan penghambat
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:34
Last Modified: 24 Nov 2023 06:34
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3980

Actions (login required)

View Item View Item