EFEKTIVITAS MEDIA POSTER INFOGRAFIS BERTEMA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF ANAK KELAS 4 SD

Syavira, Triyana (2023) EFEKTIVITAS MEDIA POSTER INFOGRAFIS BERTEMA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF ANAK KELAS 4 SD. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img] Text
Fix Skripsi triyana syavira cover.pdf

Download (802kB)
[img] Text
Fix Skripsi triyana syavira abstrak.pdf

Download (459kB)
[img] Text
Fix Skripsi triyana syavira BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
Fix Skripsi triyana syavira BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
Fix Skripsi triyana syavira BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
Fix Skripsi triyana syavira BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[img] Text
Fix Skripsi triyana syavira BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
Fix Skripsi triyana syavira DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)

Abstract

Efektivitas yang artinya keberhasilan dalam mencapai tujuan, bermakna untuk menunjukan taraf tercapainya tujuan dan usaha dikatakan efektif. Kemampuan Berpikir Kreatif menunjukan cara untuk menyelesaikan suatu masalah, dengan cara seseorang untuk menggambar simbol grafis yang di pahami oleh penulis dan pembaca. Berdasarkan fakta yang ada sebagian besar kemampuan berfikir kreatif peserta didik masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif dikarenakan peserta didik mengalami kesulitan untuk menuangkan ide atau gagasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas poster infografis terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Nambo 04 Kabupaten Bogor, di kelas IV tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode korelasional. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 41 siswa kelas IV di SDN Nambo 04. Berdasarkan hasil Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh persamaan regresi Y = 93,762 ─ 0,989X, dengan hasil thitung < ttabel yaitu sebesar -1,578 < 2,020 bahwa variabel media poster infografis tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hasil analisis koefisien diperoleh besarnya nilai R yaitu 0,245 dan diperoleh koefisien determinasi (R Square) 0,60, maka dapat disimpulkan variabel efektivitas media poster infografis terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 6,025%. Hasil uji signifikansi, berdasarkan perhitungan Uji-t diatas maka -1,578 < 2,020 dengan kesimpulan H0 diterima dan Ha ditolak dengan kata lain terdapat hubungan yang efektif antara media poster infografis terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD. Dengan demikian terdapat hubungan yang efektif antara media poster infografis dengan kemampuan berpikir kreatif. Kata kunci : Media poster infografis, Kemampuan, Berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media poster infografis, Kemampuan, Berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:44
Last Modified: 27 Nov 2023 03:44
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3987

Actions (login required)

View Item View Item