ANALISIS KINERJA GAPOKTAN BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA DAN KARYAWAN (Studi Kasus Gapoktan Rukun Tani, Desa Citapen, Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor)

Sihotang, Rio Jantinus (2018) ANALISIS KINERJA GAPOKTAN BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA DAN KARYAWAN (Studi Kasus Gapoktan Rukun Tani, Desa Citapen, Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor). Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RIO JANTINUS SIHOTANG. A.1410949. Analisis Kinerja Gapoktan Berdasarkan Tingkat Kepuasan Anggota dan Karyawan (Studi Kasus Gapoktan Rukun Tani, Desa Citapen, Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor). Di bawah bimbingan Apendi Arsyad dan Siti Masithoh. Gapoktan menjadi salah satu andalan bagi pemerintah dalam hal mendekati petani secara langsung. Penelitian ini dilakukan di Gapoktan Rukun Tani dengan tujuan penelitian ini untuk melihat keragaan dan kondisi lingkungan, mengetahui kinerja gapoktan berdasarkan tingkat kepuasan karyawan dan anggota serta merekomendasikan langkah strategis bagi gapoktan untuk peningkatan kinerja di masa mendatang. Metode penelitian ini dengan purvosive sampling untuk lokasi dan responden penelitian. Metode pengumpulan data meliputi data primer (observasi lapangan dan wawancara dengan kuisioner) dan data sekunder (studi literatur). Dianalisi secara deskriptif pada keragaan dan kondisi lingkungan gapoktan. Dilakukan analisi kinerja berdasarkan tingkat kepuasan karyawan dan anggota dengan menggunakan analisis Costumer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA) dan Service Quality yang kemudian diolah dengan menggunakan Microsoft excel 2010 dan Software SPSS 22. Rekomendasi strategi dengan secara deskriptif berdasarkan kepuasan karyawan dan anggota terhadap Gapoktan, direkomendasikan berdasarkan penelitian ini. Hasil yang diperoleh keragaan Gapoktan Rukun Tani telah memiliki struktur organisasi dan perangkat organisasi dan adanya kegiatan yang menunjang perkembangannya. Kinerja Gapoktan berdasarkan karyawan dan anggota menunjukkan pada posisi puas pada nilai CSI 0,75 dan 0,70. Namun masih ada hal yang perlu diperhatikan oleh Gapoktan. Melihat hasil IPA menunjukkan dari karyawan dan anggota masih perlu adanya perbaikan dan hasil service Quality masih pada posisi negatif. Serta perlu adanya langkah strategis yang dilakukan dalam hal meningkatkan loyalitas anggota dan karyawan baik dalam pelengkapan fasillitas pada karyawan dan sosialisasi pada anggota Gapoktan. Kata Kunci : Kinerja, Kepuasan, CSI, IPA, Service Quality

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Kepuasan, CSI, IPA, Service Quality
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian (FAPERTA) > Agribisnis
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:22
Last Modified: 28 Mar 2022 07:22
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1660

Actions (login required)

View Item View Item