HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN NANGGEWER MEKAR CIBINONG

Saida, Patimah Nur (2016) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN NANGGEWER MEKAR CIBINONG. Skripsi thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI DAN LAIN-LAIN.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PATIMAH NURSAIDA. NIM: H. 1210650. “HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN NANGGEWER MEKAR CIBINONG”.Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. 2016 Sekolah Dasar Negeri Nanggewer Mekar Cibinong Kelas 2 memiliki siswa sebanyak 22 orang. Menurut pengamatan di lapangan dan informasi dari guru, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar, terlihat dari siswa yang jarang masuk ke sekolah, tidak bersemangat menerima pelajaran serta kurang aktif dalam mengerjakan soal latihan maupun pekerjaan rumah yang di berikan oleh guru, sehingga hasil belajarnya pun menjadi kurang memuaskan karena masih banyak nilai di bawah standar kelulusan yakni dibawah 70. Tujuan penelitina ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Pada Mata Pelajaran IPA di SDN Nanggewer Mekar Cibinong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan tes. Jumlah sampel penelitian sebanyak 22 orang siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa Ho ditolak. Dengan demikian Ha yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa pada taraf signifikansi 5% dapat diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” dan diperoleh thitung > ttabel, yaitu 7.037 > 2,100. Motivasi belajar dari penelitian ini telah dibuktikan mampu memprediksi hasil belajar siswa sebesar 71.2%. Hal ini berarti motivasi belajar merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan belajar siswa yang cukup menentukan dibanding dengan faktor lainnya seperti ketersediaan sarana-prasarana, metode pembelajaran, dan lain sebagainya Kata Kunci : Motivasi belajar siswa, Hasil belajar siswa,IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar siswa, Hasil belajar siswa,IPA.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:38
Last Modified: 07 Apr 2022 07:38
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/1874

Actions (login required)

View Item View Item