Ramdani, Doni (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN DAN PERLUASAN WILAYAH PEMASARAN PETANI PISANG ULI (Musa paradisiaca Sapientum) DESA RUGUK KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (736kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (385kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) | Preview |
Abstract
DONI RAMDANI ALI. A.1810910. Strategi Pengembangan Dan Perluasan Wilayah Pemasaran Petani Pisang Uli (Musa Paradisiaca Sapientum) Desa Ruguk Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. Di bawah bimbingan HIMMATUL MIFTAH dan ARTI YOESDIARTI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha petani Pisang Uli di Desa Ruguk, merumuskan strategi yang optimal untuk mengembangkan usaha dan merumuskan strategi meraih peluang perluasan pasar petani Pisang Uli. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, analisis SWOT, Diagram SWOT dan analisis reactive programming. Pemlilihan responden dilakukan secara purposive dan snowball sampling. Responden strategi pengembangan berasal dari para pakar (expert) di bidangnya dan responden perluasan wilayah pemasaran berasal dari petani, pedagang pengumpul dan pedagang pengecer Pisang Uli. Analisis matriks IFE menghasilakan total skor 2,9 dan analisis matriks EFE menghasilkan total skor 2,79 sehingga posisi matriks Internal – External (IE) dengan strategi pertumbuhan. Analisis diagram SWOT berada pada kuadran I yaitu strategi agresif. Analisis SWOT menghasilkan 10 strategi pilihan. Hasil analisis reactive programming diperoleh strategi perluasan wilayah pemasaran dengan memperluas wilayah pemasaran daerah Pulau Jawa yaitu Pasar Bogor menambah jarak sejauh 96,37 Km sampai daerah Padalarang, Bandung, pasar Jambu Dua menambah jarak pemasaran sejauh 94,88 Km sampai daerah Padalarang, Bandung, pasar Tangerang menambah jarak pemasaran sejauh 91,42 Km sampai daerah Kabupaten Bekasi dan pasar Bekasi menambah jarak sejauh 35,8 Km sampai daerah Karawang Barat. Sedangkan untuk pasar daerah Lampung pasar Kalianda dapat menambah jarak pemasaran sejauh 120 Km sampai daerah pasar Talang Padang, Tanggamus, pasar Bandar Lampung menambah jarak pemasaran sejauh 124 Km sampai s daerah Panaragan Jaya, Tulang Bawang Barat dan pasar Metro menambah jarak pemasaran sejauh 165 Km sampai daerah pasar Rawaputu, Tulang Bawang Barat.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengembangan, SWOT, Analisis Reactive Programming, Pisang Uli, Wilayah Pemasaran |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) S Agriculture > SB Plant culture |
Divisions: | Fakultas Pertanian (FAPERTA) > Agribisnis |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 02:26 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 02:26 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/3088 |
Actions (login required)
View Item |