PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK SIFAT CAHAYA (KOSIFYA) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD

Al Idrus Muhajjalin, Gauran (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK SIFAT CAHAYA (KOSIFYA) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gauran Al Idrus Muhajjalin: Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Sifat Cahaya (KOSIFYA) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Djuanda Bogor, Ciawi. 2019 Ilmu Pengetahuan Alam merupakan cabang pengetahuan yang mempelajari fenomena alam. Sebagai pendidik harus mempunyai skill dalam proses pembelajaran. Pembelajaran akan semakin berjalan baik jika didukung dengan adanya media pembelajaran, namun guru masih minim keinginan untuk mengembangkan media pembelajaran baik sederhana maupun multimedia. Hasil wawancara dengan wali kelas IV SDN Ciambarkolot guru hanya menggunakan buku yang disediakan sekolah khususnya mata pelajaran IPA sehingga hasil belajar siswa rendah dibuktikan dengan 61% siswa yang masih belum mencapai KKM atau 27 dari 44 siswa yang belum mencapai KKM. Demikian dengan hal itu, harus ada pengembangan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis kebutuhan peserta didik kelas IV SDN Ciambarkolot terhadap media pembelajaran kotak sifat cahaya pada mata pelajaran IPA, (2) Memahami konsep media pembelajaran Kotak Sifat Cahaya pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya, (3) Mengetahui kelayakan media pembelajarn yang dihasilkan sebagai media pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian Reseach & Development jenis ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan lembar instrumen penilaian untuk memvalidasi media pembelajaran oleh para ahli dan peserta didik. Uji coba dilaksanakan di SDN Ciambarkolot kelas IV. Adapun hasil validasi yang sudah dilakukan oleh ahli media dengan rata-rata skor 4,6 termasuk kategori “sangat baik”. Hasil validasi oleh ahli materi dengan rata-rata skor 4,6 termasuk katergori “sangat baik”. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran dengan rata-rata skor 4,7 termasuk kategori “sangat baik”. Kemudian hasil dari peserta didik dengan rata�rata skor 3,49 termasuk kategori “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Kotak Sifat Cahaya (KOSIFYA) layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, KOSIFYA, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:24
Last Modified: 11 Jan 2023 01:24
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2629

Actions (login required)

View Item View Item