METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SDN CIBUNIAN 02 KECAMATAN PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR

Susanti, Herni (2019) METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SDN CIBUNIAN 02 KECAMATAN PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
1 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Herni Susanti. NIM : H.1411153 Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II SDN Cibunian 02 Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor 2019. Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah permasalahan bahwa siswa kurang motivasi belajar terhadap pelajaran Bahasa Indonesia, sehingga membuat siswa tersebut susah dalam memahami pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini berpengaruh terhadap nilai Bahasa Indonesia yang secara umum nilai siswa tersebut masih berada dibawah nilai ketuntasan yang sudah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar p ada bidang studi Bahasa Indonesia dengan materi menggunakan pembelajaran drill. Penelitian ini diselenggarakan pada tingkat kelas II SDN Cibunian 02 Kabupaten Bogor. Yang menjadi subjek pada penelitian ini yakni siswa kelas II SDN Cibunian 02. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan data yang didapatkan dengan menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes hasil belajar. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa setelah menggunakan pembelajaran metode drill terdapat peningkatan dalam kemampuan membaca belajar siswa. Hasil ini dilihat dari tes pertama nilai rata-ratanya adalah 62,43 dengan persentasi ketuntasan 40%, pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata adalah 67,06 dengan persertasi ketuntasan 54,29% dan dilanjut pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 73,43 dengan persentasi ketuntasan 77,14 % , hasil ini artinya terjadi peningkatan dalam kemampuan memaca siswa. Dari hasil PTK ini, maka peneliti dapat memberikan sebuah kesimpulan bahwa penggunaan pembelajaran dengan metode drill ini terdapat peningkatan yang baik dalam meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas 2 SDN Cibunian 02 Kabupaten Bogor.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Belajar, Bahasa Indonesia, Metode Drill.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:27
Last Modified: 11 Jan 2023 01:27
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2630

Actions (login required)

View Item View Item