Arianto, Rio Nova (2022) ANALISIS KOMUNIKASI INTERAKSIONAL KEGIATAN AKSELERASI TAHFIDZ DALAM PENINGKATAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN Studi di Mahad As-salam Qur’anic Boarding School Gunung Putri. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Rio Nova Arianto. Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer, Universitas Djuanda, 2022, Analisis Komunikasi Interaksional Kegiatan Akselerasi Tahfidz dalam Peningkatan Semangat Menghafal Al-Quran: Studi di Mahad Assalam Gunung Putri. Akselerasi Tahfidz merupakan program percepatan menghafal Al-Quran yang diberikan lembaga pendidikan kepada para santri. Kemampuan hafalan para santri yang berbeda-beda, membutuhkan peran tenaga pengajar dalam berinteraksi untuk meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menggambarkan komunikasi interaksional yang terjadi pada kegiatan akselerasi serta mengetahui komunikasi interaksional dalam memotivasi para santri dalam menghafal Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti mendeskripsikan atau mengkonstruksi wawancara-wawancara terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian ini adalah, komunikasi interaksional pada kegiatan akselerasi tahfidz yang dilakukan tenaga pengajar dalam memotivasi para santri mengacu pada sepuluh keterampilan interaksional dari Sansos-Fisher. Komunikasi interaksional yang dilakukan tenaga pengajar kepada para santri memberikan kemudahan serta memotivasi para santri dalam menghafal Al-Quran. Upaya peningkatan motivasi menggunakan pemberian reward, peran dari tenaga pengajar dan bimbingan praktik.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi interaksional, Akselerasi Tahfidz, motifasi |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JC Political theory J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi |
Depositing User: | Mr Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 06:56 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 06:56 |
URI: | http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2292 |
Actions (login required)
View Item |