ANALISIS KOMUNIKASI INTERAKSIONAL KEGIATAN AKSELERASI TAHFIDZ DALAM PENINGKATAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN Studi di Mahad As-salam Qur’anic Boarding School Gunung Putri

Arianto, Rio Nova (2022) ANALISIS KOMUNIKASI INTERAKSIONAL KEGIATAN AKSELERASI TAHFIDZ DALAM PENINGKATAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN Studi di Mahad As-salam Qur’anic Boarding School Gunung Putri. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Rio Nova Arianto. Program Studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer, Universitas Djuanda, 2022, Analisis Komunikasi Interaksional Kegiatan Akselerasi Tahfidz dalam Peningkatan Semangat Menghafal Al-Quran: Studi di Mahad Assalam Gunung Putri. Akselerasi Tahfidz merupakan program percepatan menghafal Al-Quran yang diberikan lembaga pendidikan kepada para santri. Kemampuan hafalan para santri yang berbeda-beda, membutuhkan peran tenaga pengajar dalam berinteraksi untuk meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menggambarkan komunikasi interaksional yang terjadi pada kegiatan akselerasi serta mengetahui komunikasi interaksional dalam memotivasi para santri dalam menghafal Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti mendeskripsikan atau mengkonstruksi wawancara-wawancara terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian ini adalah, komunikasi interaksional pada kegiatan akselerasi tahfidz yang dilakukan tenaga pengajar dalam memotivasi para santri mengacu pada sepuluh keterampilan interaksional dari Sansos-Fisher. Komunikasi interaksional yang dilakukan tenaga pengajar kepada para santri memberikan kemudahan serta memotivasi para santri dalam menghafal Al-Quran. Upaya peningkatan motivasi menggunakan pemberian reward, peran dari tenaga pengajar dan bimbingan praktik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interaksional, Akselerasi Tahfidz, motifasi
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) > Komunikasi
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 26 Dec 2022 06:56
Last Modified: 26 Dec 2022 06:56
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2292

Actions (login required)

View Item View Item