PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN BANTARKEMANG 6 PADA MASA PANDEMI COVID-19

Zebua, Arni Lestari (2021) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN BANTARKEMANG 6 PADA MASA PANDEMI COVID-19. Thesis thesis, Universitas Djuanda Bogor.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pusaka.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (773kB) | Preview

Abstract

Arni Lestari Zebua. NIM : H. 1710205. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Bantarkemang 6 Pada Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui gaya belajar siswa kelas III SDN Bantarkemang 6 pada mata pelajaran IPA. (2) Ada tidaknya pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Bantarkemang 6 Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kuatitatif dengan pendekatan korelasi kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SDN Bantarkemang 6 dengan jumlah siswa 71 orang instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar dan dokumentasi. Data penelitian yang dikumpulkan dianalisis mengggunakan teknik analisis deskriptif dengan uji prasyarat analisis normalitas dan linearitas, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian mengenai pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Bantarkemang 6 pada masa pandemi covid-19 sebagai berikut: Berdasarkan hasil uji normalitas dengan signifikansi sebesar 0,200 lebih besar dari 0,05. Maka dinyatakan bahwa 0,200 > 0,05 hipotesis diterima, data berdistribusi normal. Selain uji normalitas, prasyarat analisis yang harus dipenuhi adalah uji linieritas. Untuk hasil nilai linearitas sig adalah 0,280 lebih besar dari 0,05 yakni sig 0,280 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan linear secara signifikansi antara gaya belajar dengan hasil belajar. Hasil persamaan regresinya dapat ditulis yaitu: ӯ = a + bx = 59,053 + 0,376x, dengan persamaan tersebut hasil regresi X sebesar 0,376. Berdasarkan hasil yang diperoleh dinyatakan bahwa ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Bantarkemang 6 pada masa pandemi covid-19. Kata Kunci : IPA, Gaya, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : IPA, Gaya, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Admin Perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:48
Last Modified: 28 Nov 2022 01:48
URI: http://repository.unida.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item View Item